Nulisnya cuma iseng, untuk merekam kejadian yang terlintas di benak. Tentang kami :)

Minggu, 27 Maret 2016

Jelajah

Kita sebenarnya keluarga yang ga pernah merencanakan jika hendak liburan. Mau kemana kapan dan dengan siapa, itu mengalir begitu saja. Tidak harus direncanakan kalo libur minggu depan mau kemana, atau berangkat kapan untyk pergi kesana. Kalo kata suami, karena kita berdua memiliki semangat jelajah dan petualang kali ya. Jadi siap gempur aja.
Begitu juga kejadiannya waktu libur paskah disambung weekend minggu lalu. Karena kebosanan dari hari jumat ga tau mau kemana, malam sabtu kami memutuskan untuk mencoba jalan yang baru di buka dari simpang KKA ke arah Takengon. Sebelumnya jalan dari Lhokseumawe ke Takengon hanya satu, melalui kota Bireuen. Dari Lhokseumawe ke Bireunnya sendiri sudah memakan waktu 1 jam 20 menit itung macetnya karena jaraknya udah 63 km.

Berangkat pagi yang awalnya di set jam 8 berjalan sesuai rencana. Dikarenakan sang nyonya malas untuk masak sarapan, jadi sekaliankan dong, kita meluncur ke kota untuk sarapan dan beli beli snack buat bocah trus ambil tape mobil yang lagi di servis. Ternyata oh ternyata, servis nya berjalan agak lama dan makan waktu juga *oohh noooo. Akhirnya kita baru keluar bengkel jam 11 siang dan meluncur meninggalkan kota. Halangan belum selesai karena mesti ke rumah bos nya abi dikantor untuk ngmabil GPS yang dipinjam seminggu lalu. Sebenarnya sih ga perlu juga GPS nya, cuma berhubung ini jalan baru, abi agak sedikit was-was kalo nanti kita bakalan pulang kemalaman. Habis muter sana sini nyari rumah pak bos di daerah Buloh Blang Ara, ketemulah kami dengan si bos. Bapaknya sendiri sempat nanya-nanya, karena beliau juga belum pernah lewat jalan baru itu dan penasaran juga, pengen kali dia ya :)

Ok, tepat jam 12 kita baru cau ke arah Nisam. Oh ya, kita modifikasi jalur sedikit, ga murni lewat simpang KKa, karena untuk ke simpang KKa, kita harus menuju arah barat sejauh 30 km kurang lebih melalui jalan negara medan-bandaAceh. Berhubung kita murni pengen langsung menjelajah masuk hutan, kita mutusin buat lewat jalan simpang buloh, trus langsung ke nisam. jalan buloh-nisam sendiri sudah cukup sering kita lalui. Apa itu mau ke tempat kebun dudu bang Asyraf, ke kebun duren ibu rush, ato cuma jalan2 aja. Jalannya udah bagus aspal hotmix mulus, cuma ada sekitar satu km di pedaerah perkampungan warga yang masih berbatu, tapi ga apa lah, berbalas dengan kepuasan melihat pemukiman kampung yang masi asri dan hijau dengan pohon panjo (kapas) dan kelapa yg memanjakan mata.

Keluar dari pemukiman nisam itu, kita langsung ketemu dengan jalan yang menghubungkan simpang KKA - Bener meriah yang dimaksud tadi. Disini udah mulai hilang pemukiman, cuma satu2 saja rumah kelihatan.. Sisanya mulai ada kebun sawit dan Pinang. Jalannya seruuuuuu,, naik turun tapi ga seberapa berkelok. Padahal Bener Meriah - Takengon adalah daerah Dataran Tinggi Gayo. Artinya kita naik gunung kan ya, yang artinya lagi, di pelajaran IPA jaman sekolah SD, kalo jalan mendaki itu kan bentuk jalannya ulir baut alias berkelok. Naaah... ini jalannya banyakan nanjak, keloknya ga separah jalan negara penghubung Bireuen-Takengon, hehehe artinya lagiiii si Ummi ga mabok darat hahaha

Memang jalan mulus sempat terputus sejauh kurang lebih 17 km karena sedang dalam pengerjaan. Jalan terputus ini letaknya diperbatasan antara Aceh Utara - Bener Meriah. Karena masih sengketa kali ya, otot-ototan siapa yang ngeluarin dana paling sedikit (ini murni sok tau si ummi doang siih). Terbukti juga di palang perbatasan kabupaten, dua daerah ini ga sepakat mengenai titik tapal batas. Yang ada kita malah ketemu dua tiang yang di bakar karen tarik ulur dua panjang daerah yang di klaim. 

Ngelian gunung, jurang, hutan dan angin segar yang berhembus membuat mata dan paru2 rasanya sueggerr banget, ditambah lagi jalan yang masi belm beraspal kan gerajulan membuat mobil berguncang serasa lagi offroad beneran. Si ummi kegirangan, Abi nya kesenangan. Anak??? Panglima ngemill mulu sepanjang jalan, sadar logistik nya panyak, duduk dibelakan pake bedcover dan batal segala membuat goncangan ga sebegitu dirasakan panglima. Pantesan bocah ngunyah mulu dan baru berenti karena udah ngantuk dan ketiduran. Satu lagi, dikarenakan ini jalan baru dan belum banyak orang yang mau dan berani lewat plus kendaraan umum belum lewat disini, jadilah meski berbatu dan pasir, debu ga beterbangan banyak ketika kita dilalu kendaraan lain. So, buka jendela adalah salah satu pilihan untuk dapat menikmati udara tanpa AC kendaraan.

Dijalan bebatuan itu kita lalui sekitar 40 m3nit, karena nanjak dan agak nyantai juga sih, makanya bikin lama. Setelah itu kita bakalan nemuin jalan beraspal lagi tapi sempit banget dan sedikit berkelok. tapi ga bikin mabok tetap. disini sudah mulai ramai pemukiman, warga kabupaten Bener Meriah. Keluar dari jalan ini kita akan ketemu satu kecamatan di Bener Meriah dimana pass baru dibangun Bandara yang baru aja diresmikan jokowi sebulanan yang lalu, belum beroperasi sih.

Nah, kapan ketemu jalan negara Bireuen-Takengonnya? Keluar dari kecamatan itu, jalan sekitar 15 menit trus masuk deh ke simpang balik. Simpang balik ini di jalan negara yang terkenal banyak dijual buah2an menuju takengon. Berhubung kita ga mau ke Takengon, kita putar balik ke jalan kecamatan, nyari makan siang dan shalat.

Jam 3 sore, kita mulai kembali ke jalan pulang. CUma 3.30 jam dan ga kemana2? ya iyalah, namanya juga cuma mau nyoba jalan baru, ya ga niat ngapa2in juga kan? trus deh kita jalan pelan2 sampe jam 4.30 brenti sebentar mau shalat ashar. Yang bikin lucu, Panglima numpang sekalian buang air kecil, pas mau basuh doi kedinginan, airnya kaya es. hahaha Belum lagi abi cerita pas shalat, kiri kanan abi diserang angin yang bikin dingin luar biasa. Pantes abi heran, kok baru jam segitu masyarakatnya udah pake jaket lengkap dengan syal pembungkus kuping segala, maklum lah ya, secara kita kan anak pantai, bukan anak gunung :)

Petualangan baru kembali dimulai ketika selesai dari mushalla dan masuk lagi ke jalan bebatuan, kami dihalang kabut tebbbaaaalll... Asli, secara Ummi dan Abi baru pertama lihat kabut didepan mata (biasanya ada sih, tapi diatas kepala), kami takjub luar biasa. Makin jau ke dalam, jarak pandang malah cuma jadi 5 meter aja. Lapu dihidupkan, jalan dipelankan, klakson juga kativ ditekan. Ga keliatan apa2 tau tau ada aja kendaraan didepan, yang keliatan mana lampunya doang. hahahhah. Sempat kami turun dan mendokumentasikan, tapi ga berani lama2 karena takut daerah tak berpenghuni. 

Setelah kabut berlalu dan hampir mendekati jalan aspal lagi, kami malah dikejutkan dengan ketemu pak bos nya sbi. ahhahahahahahahah. Si bos kira, Abi nginap, makanya jam 3 blio berangkat dari Buloh nyusul kita. kayanya beneran penasaran. Sayang, kita udah balik dan blio bawa keluraga jadi ga mungkin putar balik secara tujuan aja belum sampai kan ya. 

Inilah pengelaman jelajah kami sabtu lalu. Tapi kayanya bakalan balik lagi mau ke air terjun Tansidan Bedin di Bener Meriah. Tapi behubung akses yang jauh dan harus ditambah jalan kaki, kami ga bisa pergi bertiga saja, harus bawa anggota lain sebagai teman diperjalan. Semoga ya, tunggu tanggal muda. Amiin



penampakan jalan berbatu


navigasi via GPS


panglima udah mulai narsis hahaha


ini si bocah loh yang minta ummi gaya


ngantuk parah, kekenyangan dia nya


can you see the fog behind us?

keren kaaan?


ni, si Pak bos yang nyusul kita :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar