Nulisnya cuma iseng, untuk merekam kejadian yang terlintas di benak. Tentang kami :)

Selasa, 02 Februari 2016

Berkebun

Baru sempat cerita tentang hobi baru abi beberapa bulan yang lalu...

Menjelang paruh ke empat tahun lalu, abi memiliki banyak waktu luang yang berdampak pada banyaknya waktu luang beliau dirumah. Awalnya sempat bosan karena rutinitas abi hanya berada diantara kantor dan rumah saja. Setelah beberapa hari tak ada kegiatan dan mulai sangat jenuh, Abi mulai tanam tanam satu dua pohon sayur. 

Dirasa tanaman yang tumbuh juga ikut menumbuhkan semangatnya, abi mulai kegiatan yang lebih luas. Abi mulai membeli polibag, pupuk kandang, sekam, tanah *karena tanah dirumah kurang pas buat menyemai tanaman*, dan menyemai beberapa tanaman. Awalnya pilihan jatuh kepada cabe, tomat, labu, bayam dan kangkung. Setelahnya, karena mulai ketagihan, beliau juga mulai menyemai benih jagung manis. Sisanya juga nanam daun pandan, jahe, kunyit, timun.

Abi dan saya memutuskan untuk melakukan sistem organi, ga pake obat ga pake racun. Secara biaya lagi kan kalo pake bahan kimia. Jadi ya cukup dengan pupuk kandang saja yang dipesan abi di tukang potong rumput yang sering wara-wiri dikomplek rumah. Sempat juga sih karena ga pengalaman, dan si cabe kena wabah keriting serta tomat yang kelamaan berbuah, abi nambah vitamin  hehehe. Untuk menghalau serangan semut, abi memanfaatkan air detergen untuk disemprotkan ke batang pohon. Trik ini efektiiiifff banget, recomended lah bagi pemula :). INi didapat abi dari artikel di internet.

Hobi baru abi itu sempat membuat ummi kewalahan dan sedikit kejengkelan :), pasalnya abi selalu berada di kebun ga pagi ga sore, kalo siang dipake buat searching dan browsing artikel dan tips serta tricks budidaya tanaman pekarangan yang baik dan benar. Waktu untuk panglima pun jadi berkurang. Tapiiii....begitu melihat hasil sudah mulai tumbuh satu satu dan panen sayuran untuk masak sendiri dirasa begitu yummy and crunchy...maka....sebel itu berganti senaaaaaang....

Alhamdulillah... bersyukur setiap saat :)



ini hasil panen nya :)


yang ini mandor kebunnya :p


area tomat


bawang, tapi cuma satu polibag


panen perdana cabe


tomaaaattttt


semai cabe


yang ini khusus buat kolak :)


red tomatoesssss


abis panen langsung buat sambel


rujakan si panglima


bergelantungan dan bergelimpangan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar