Nulisnya cuma iseng, untuk merekam kejadian yang terlintas di benak. Tentang kami :)

Jumat, 13 Desember 2013

pakwa, panglima sayang pakwa :)

ummi lagi ngaso, si panglima lagi maen sama kakak, yang ummi suruh balik tadi pagi karena ummi mau belanja. habis belanja, beberes dapur, goreng ayam, jadi deh ummi buat kopi dingin dan sepotong buessaaar cake caklet jadi teman ummi buat nge blog sejenak sekaligus rehat. ntar dhuhur nyuapin panglima dan bobok, baruuu ummi aktivitas lagi.

emang ummi mau ngapain? sebenarnya ummi cuma mau nyari PDH baru, yang lama sudah...eeemmm...sudah...tak muaaaat lagi,,,,, hiks hiks hiks.. takutnya ntar pertama kerja abis cuti malah diledekin sekantor karena banyu jadi kinyis kinyis semok gituu hahahaha

sekarang, ummi cerita apa ya?? hhmmm cerita abi, udah. panglima, udah. cerita ummi? beluuumm,,,tapi emang ga ada yang bisa diceritaiin dari ummi, saking banyaknya. hahahhahaha ya udah, ummi cerita tentang pakwa aja, yaaa...

pakwa panglima atau abang pertama ummi itu orang yang sangat baik. selama ummi kuliah dulu di malang, pakwa adalah orang yang paling sering ummi minta tolong carikan tiket untuk kepulangan kembali ummi ke malang. trus pakwa juga yang rajin antar jemput ummmi di bandara sebelum keberangkatan atau sesudah kedatangan ummi saat liburan di kampung halaman. tapi sayang, setahun yang lalu, kejadian itu menghancur leburkan dan menjungkirbalikkan kehidupan pakwa, abusyik, jiddah dan kami sekeluarga..

Panglima, kamu tau sayang? setahun yang lalu, tepatnya setelah idul fitri 2012, setelah semua miwa dan kakak2 kembali ke daerah mereka masing2 habis merayakan liburan lebaran di rumah abusyik, berita duka itu datang. miwa ami di medan kasih kabar kalo pakwa ga bisa bangun, kaki bengkak, sesak nafas, sering muntah. miwa dan pakwa azwan langsung bawa pakwa ke RS di medan. setelah sana sini gitu gini, didapatkan hasil laboratorium dan penjelasan dokter yang sanggaaaaat membuat kami syok. Pakwa terkena gagal ginjal kronis dengan fongsi ginjal tinggal sebelah sebesar 25%. bayangkan, 25%. apa yang terjadi kemudian? kami semua bingung, kami semua sedih. tak ada waktu untuk bertanya, kenapa?? tak ada waktu untuk mengurai runtutan benang cerita yang terjadi dibelakang. kami juga tak ada waktu untuk duduk diam. semua harus bahu membahu, semua harus rapatkan shaf. dukung pakwa dan kuatkan abusyik serta jiddah. karena selain yang sakit, yang sehat karena hendak mendampingi yang sakit juga harus dikuatkan,bukan?

singkat cerita, setelah anfal dan dirawat di RS selama beberapa malam, pakwa dibawa ke penang. yazid, kita kan sempat jenguk sebelum pakwa kesana. ingat kan? yang kita nebeng mobil bang asyraf itu loohh...
pulang dari penang, pakwa harus diet ketat. memang tak ada cerita pasien gagal ginjal bisa sembuh, apalagi total. sekarang yang harus dijaga adalah pola makan.

selama itu pula jiddah dan abusyik bolak balik lsm-medan. selama itu pulalah kita cuma tinggal berempat dirumah jiddah. dan, sejak saat itu pula lah ummi jadi belajar dan rajin masak. ummi jadi tau cara buat asam keueng, kuah teucrah, sambalado, tumis sayur, kuah leumak, sop dan soto. itu hikmahnya, sayang. salah satu dari sekian hikmah dibalik musibah ini.

di skip yg lain ya...lanjut aja, yang penting2, cape nulisnya...hahahhaha
dan selama 10 bulan berjalan, kondisi pakwa memang tidak lebih baik, hingga dokter mengharuskan pakwa cuci carah. keluarga pun rapat lagi. kami memutuskan buat bawa pulang pak wa ke aceh, secara disini ada JKA. dan, kalian tau kaaan....biaya Haemodiallisis aka HD aka cucidarah itu berapa? 800 ribu sodara...itu satu kali, sedang pasien terminal kaya pakwa, harus rutin, 2 kali sebulan.

abah bang ihsan dibantu abinek, sigap ngurus segala surat menyurat buat keperluan administrasi rumah sakit, kakek haji dan jiddah glee rajin nyambangi buat doain dan kasih support. lalu dimana jiddah dan abusyik? kami tak berharap banyak sayangku, panglima. mereka begitu down, abusyik sangat amat menyayangi pakwa, anak lelaki pertamanya yang begitu keras kepala. dan jiddah? ibu mana, sayang, yang tak terluka dengan kabar ini? setiap malam jiddah menagis. disinilah kami, adik dan kakak pakwa berkontribusi. kami harus siap waktu, dana (meskipun ini buat bantu2 aja, yang asli, semua dana dari abusyik dan sumbangan sodara dan kerabat serta kolega yang datang menjenguk dan mendoakan) dan tenaga buat pakwa.

hasilnya??? yah, sudah 6 bulan berlalu. terkadang kami bergilir menemani pakwa menjalani proses HD di unit HD RSUCM, terkadang pakwa mau sendiri, tidak diganggu. yahhh kami memaklumi. adakalanya pakwa drop, tapi Alhamdulillah lebih sering sehat. dan tahukah kau, panglima??
ummi sangaaat senang jika ummi ajak panglima ke rumah jiddah, panglima bisa main dan kompak sama pakwa. abi juga melihat mata pakwa selalu berbinar dengan kehadiran mu.
semoga panglima bisa menjadi teman pelipur duka dan penyemangat pakwa ya, sayang? meski kadang ummi sebel jug, kalo panglima selalu dimanjakan. selalu dibelikan eskrim dan coklat serta ditemani nonton kartun ber jam2 hingga lupa program disiplin yang ummi ajarkan.

tapi, tak apalah, demi pakwa, ummi dan abi sudah sepakat untuk merelakan.
setiap cobaan datang, pasti dengan hadiah dibelakang. Allah hanya mau kita jalanni dengan iklas dan kesabaran. sekarang, pakwa coba berdamai dengan keadaan ya.maka segala ujian akan lebih ringan.

semangat ya pakwa, jangan putus doa dan usaha..kami disini, untuk pakwa.



sama bang asyraf, di rumah medan


jalan2 ke mall, waktu jenguk pakwa




ps: mi cari2 foto pakwa sama yazid di atas jumny pakwa kok ga nemu ya? lain kali aja kalo nemu disisip ya,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar